Anime "Hataraku Saibo", Mengajarkan Sistem Imun dengan Cara yang Fun

     Selama PPL saya bisa dibilang guru yang agak nyentrik. Bagaimana tidak, saya pernah mengajarkan materi sistem imun kepada siswa menggunakan media anime. Iya, anime, tepatnya anime "Hataraku Saibo". Hal ini saya lakukan karena menurut saya konten di anime tersebut sarat akan materi sistem imun. Selain itu, jalan cerita yang seru dan tokoh-tokohnya yang lucu sudah pasti menarik siswa untuk terus memperhatikan jalannya cerita di anime tersebut. 

    Saya memang cenderung bukan tipikal guru magang yang kaku saat mengajar, saya lebih suka bereksperimen dan menemukan cara baru untuk membuat siswa lebih memahami materi yang saya ajarkan. Saya akui, saya agak deg-degan saat mencoba mengajarkan sistem imun melalui anime. Saya takut siswa saya ketagihan dan terus meminta saya memutarkan anime saat pelajaran. Oleh karena itu, saya di awal memberikan pernyataan kepada mereka bahwa saya hanya akan memutarkan film ini sekali saat pertemuan hari ini. Satu video menurut saya cukup untuk menarik perhatian siswa dan memunculkan keingintahuan siswa tentang materi sistem imun. Selain itu, saya juga meminta mereka membuat catatan kecil mengenai kosa kata apa saja yang mereka temukan selama menonton anime. Walaupun terkesan santai, tapi saya tidak ingin disepelekan dan saya ingin mereka tetap fokus dengan tujuan awal untuk belajar mengenai sistem imun. Saya juga memberikan pernyataan bahwa setelah menonton anime ini, saya akan memberikan mereka lembar kerja untuk dikerjakan sehingga mau tak mau mereka harus memperhatikan jalannya anime tersebut termasuk ilmu-ilmu yang dikemas secara apik di dalamnya. Berikut cuplikan lembar kerja peserta didik yang saya buat


    Saya akui, mengajarkan ilmu kepada siswa dengan cara seperti ini, terutama siswa SMA yang sudah mulai pintar membuat alasan sangat berisiko. Jika guru apalagi guru magang seperti saya tidak tegas dan teguh memegang komitmen untuk hanya memutarkan film/anime yang memuat ilmu pengetahuan, alih-alih mendengarkan penjelasan guru, mereka pasti justru akan terus menuntut untuk diputarkan kembali anime/filmnya. Oleh karena itu, jika anda sebagai guru juga ingin menerapkan seperti apa yang saya terapkan, imbangi gaya mengajar yang santai dengan ketegasan yang tetap harus dipertahankan. Bagaimanapun juga, sesantai apapun guru tetaplah harus memiliki peraturan yang tegas terhadap siswa. Hal ini agar siswa tetap memiliki rasa hormat dan patuh kepada gurunya sehingga kegiatan belajar dapat berjalan kondusif serta dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan. 

Komentar

Postingan Populer