Hal-hal yang dirasakan anak bungsu

Hai..., adakah di antara kalian yang anak bungsu di sini? ayo angkat tangan......,
Kalau kalian anak bungsu kayak aku, berarti pernah dong ngrasain hal-hal yang bakalan aku tulisin di sini. Penasaran apa sih hal-hal itu? Langsung aja yuk ikutin penjabaran aku berikut ini.
  1. Barang bekas kakak
    Nah, ini nih hal yang selalu dirasain sama setiap adik. Selalu dapat barang-barang bekas dari kakaknya. Mulai dari meja belajar bekas, kamar bekas, pakaian bekas, buku pelajaran bekas, boneka dan mainan bekas, bahkan underwear pun kadang bekas -_- Kadang suka ngerasa nggak adil sih. Kenapa kakak selalu dapat barang-barang baru sedangkan adiknya dikasih yang bekas. Apalagi kalau kalian nasibnya kayak aku. Punya lima kakak yang semuanya cewek. Jadilah barang-barang bekas kakak selalu disalurin ke aku sebagai anak terakhir dari enam bersaudara -_- Yah walaupun nggak semua barang adik itu bekas sih, ada juga yang baru.
  2. Dianggap nggak dewasa
    Hal ini juga pastinya kebanyakan selalu dirasain sama anak bungsu. Sebagai anak terakhir udah pasti si anak bungsu ini kedewasaannya lebih kurang daripada kakak-kakaknya. Anak bungsu juga identik dengan kata manja. Walaupun nggak semua anak bungsu itu manja, contohnya aku xD (hoax banget). Dulu waktu kamu masih SD dan kakak-kakakmu udah pada SMP atau SMA kamu nggak boleh ndengerin cerita mereka tentang pacaran atau apapun yang berhubungan dengan itu. Kalau kamu kepo dan tanya-tanya ke mereka, pasti jawabnya "Anak kecil belum boleh tahu hal kayak gituan". Sekarang saat kamu udah SMP atau SMA dan kamu mulai tahu tentang pacaran, kakak-kakakmu udah pada kuliah atau nikah. Tingkat pembicaraan mereka pun udah lebih tinggi gradenya dari sekedar pacaran. Ketika kamu kepo lagi dan tanya ke kakakmu mereka bakal jawab hal yang sama kayak dulu SD kamu tanya tentang pacaran, "anak kecil, belum dewasa. Belum boleh tahu" -__-
    Terus kamu sebagai adik paling kecil di rumah pasti selalu dikasih wejangan neko-neko sama kakak-kakakmu agar kamu bisa dewasa dan nggak jadi anak kecil terus-menerus. Walaupun kamu udah berusaha bersikap dewasa, tapi masih aja si kakak ngebandingin tingkah laku childish kamu dengan saudara sepupumu yang jauh lebih dewasa. Padahal udah jelas saudara sepupumu itu bakal lebih dewasa daripada kamu karena saudara sepupumu itu cowok dan anak sulung yang punya dua adik yang mau nggak mau bakal jadi pelindung keluarganya, nggantiin posisi bapaknya yang jarang di rumah. -_-
  3. Sekolah di tempat yang sama
    Buat kamu para adik, pernah nggak ortumu nyuruh kamu sekolah di tempat yang sama kayak kakak-kakakmu? Kalau pernah atau sedang mengalami, berarti nasibmu sama kayak aku. Dulu waktu lulus SD ibu nyuruh aku ngelanjutin sekolah ke SMPN 2 Magelang. Alasannya "Kakak-kakakmu dulu sekolah di sana, jadi kamu harus bisa masuk sekolah itu juga. Terus setelah lulus dari SMP 2 dan lanjut ke SMA, ibu nyuruh aku sekolah ke SMA N 1 Magelang. Alasannya juga sama, ya selain SMA N 1 Magelang itu SMA yang kece binggo di Jawa Tengah juga karena dulu kakak-kakakku sekolah di tempat itu juga. Tapi kadang aku juga suka mikir sih kalau aku harus lebih daripada kakak aku atau kalau nggak setara dengan mereka. Nggak boleh ada di bawah mereka. Jadilah waktu ibu nyuruh aku sekolah di tempat ini itu yang sama kayak kakak-kakak aku, akunya juga seneng-seneng aja dan nurut-nurut aja buat sekolah di tempat itu.
  4. Jadi yang paling dimanja
    Karena kamu statusnya anak paling muda di keluargamu, udah pasti kamu bakalan jadi anak yang paling dilindungi sama bapakmu atau kakak laki-lakimu (bagi yang punya). Kamu juga pasti bakalan jadi anak yang paling disayang sama ibu dan kakak-kakak perempuanmu. Mereka akan lebih sering menuruti keinginanmu dan menjagamu daripada anak-anak lain di keluargamu. Apalagi bagi kalian yang punya kakak yang udah sukses, kakakmu bakal beliin barang-barang baru yang lucu dan mahal buat kamu. Kalau kamu kebetulan lagi jalan sama kakakmu, pasti kakakmu bakal nyuruh kamu buat milih barang apa aja yang kamu suka, nggak peduli barang itu harganya mahal. Kadang sebagian dari gaji kakak bakal dipake buat nyenengin adik-adiknya. Kamu sebagai anak paling kecil di keluargamu juga bebas milih jurusan kuliah yang kamu suka walaupun jurusan itu mahal banget. Soalnya kakak-kakakmu udah pada mapan waktu kamu kuliah, jadi udah pasti mereka bakal bantuin biaya kuliah kamu.
  5. Beban yang lebih berat buat ninggalin orang tua
    Ya, sebagai adik paling kecil pasti juga jadi orang yang paling terakhir tinggal bareng sama orang tua. Maksudnya, sebagai anak terakhir, pasti kakak-kakakmu udah pada duluan ninggalin rumah orang tua. Kalau nggak kuliah dan ngekos di luar kota ya udah pada nikah dan tinggal bareng sama suaminya. Jadilah kamu anak terakhir yang tinggal di rumah orang tua. Kalau selama ini kakak-kakakmu pergi masih bakalan tetep ada yang nemenin orang tua di rumah.Sekarang kalau kamu pergi udah nggak ada lagi yang nemenin orang tua kamu di rumah. Secara kamu anak terakhir di keluargamu. Gara-gara ini pula lah mungkin kebanyakan dari anak bungsu suka mikir lama kalau misalnya ada program pertukaran pelajar atau program-program lainnya yang mengharuskan kamu nginep lama. Soalnya kalau kamu pergi, ibumu bakal sendirian di rumah kalau bapakmu lagi pergi juga. Hal ini nih yang selama ini mengganggu banget buat aku. Soalnya bentar lagi aku kelas tiga SMA dan setahun lagi aku harus kuliah di luar kota. Udah pasti juga aku harus ninggalin rumahku yang nyaman ini dan harus ninggalin orang tuaku di desa yang kecil nan permai ini. Sedih sih kalau inget bentar lagi orang tua aku bakalan sendirian di rumah. Anak-anaknya udah pada dewasa dan pergi ninggalin mereka. Suka mikir juga, andai kotaku ini kota gede yang punya banyak universitas bagus kayak Jogja gitu, aku pasti nggak harus ninggalin orang tua aku di rumah sendirian. Tapi, yah mungkin emang udah takdirnya kalau seorang anak suatu saat nanti bakalan pergi jauh dari orang tuanya.

    Yah guys, itu tadi penjabaran aku tentang hal-hal yang dirasakan sama anak bungsu. Mungkin nggak semua anak bungsu ngerasain hal yang sama kayak yang aku rasain. Tapi semua tulisan ini juga nggak lepas dari tujuan aku buat ngeshare apa yang selama ini aku rasain sebagai anak paling bontot di rumah. Have a nice read ^ ^

Komentar

Postingan Populer